21 Desember 2010

tentang action figure busa hati

ada yang tanya tutorial ni :D

sebenernya gak ada tekhnik khusus waktu bikin mainan ni
konsepnya kurang lebih sama kayak papercraft
bikin pola, gunting/potong, tempel.. jadi deh
kalau busa hati ni kan lebih tahan lama dari pada kertas,
jadi lebih enak aja bikinnya..
bikin polanya pun gak seribet papercraft
tinggal kira2 aja, liat gambar yang mau dibikin
tinggal bentuk pola, biar bisa dibikin bentuk 3D
cuman baru bisa bikin figure yang kaku, robotic, ya kayak ironman, kamen rider gitu
kalo bikin manusia, binatang, ya susah kayaknya, gakpernah nyoba soalnya :D

kalau tahap2nya sih...
1. bikin daleman,
semacam daging buat landasan nempel luarannya ntar,
mirip armature buat sculpting, gak perlu detil dulu,
2. tempel luarannya,
dari pola2 yang dibuat tadi ditempel biar membentuk sesuai yang diinginkan
kayak topeng, helm,

tiap bagian, kepala, badan, tangan, dibuat terpisah
jadi pas udah jadi semua tinggal dipasangin
bisa pake lem, atau paku kecil buat nguatin

hal yang paling sulit itu bikin figurenya bisa berdiri
kalau pola yang dibuat gak proporsional, kayak buatanku, bakal susah berdirinya :D
kalau udah gitu yang tinggal bikin landasan berdiri, atau kakinya diganjel biar bisa berdiri

sisanya tergantung imajinasi dan kreatifitas masing2 aja :D
silahkan bagi yang mau coba


2 komentar:

  1. thanks banget mas

    BalasHapus
  2. tapi cara bikin pola yang melengkung itu gimana mas caranya?

    BalasHapus